Jika anjing Anda menggaruk dan Anda pikir itu karena kutu, ada banyak cara menghilangkan kutu anjing. Baik Anda mencari cara alami buatan sendiri, sisir, scrub, atau yang lainnya. Di kutip dari Urbanpest ID, berikut ini merupakan cara membasmi kutu anjing dengan bahan alami.

Baca juga: Mengenal Jenis Kutu pada Anjing dan Cara Membasminya

1. Mandi Air Lemon

Mandi lemon ini mudah dibuat dan akan menjaga hewan peliharaan Anda tetap segar dan terasa bebas kutu. Cukup encerkan setengah cangkir jus lemon segar ke dalam dua cangkir air, kemudian tambahkan perasan sabun atau sampo ramah hewan peliharaan Anda yang normal untuk cara alami mengobati kenikmatan pada anjing.

2. Shampo Ramah Hewan

Shampo ramah hewan peliharaan apa pun yang menghasilkan busa akan secara alami membunuh kutu yang ada. Ketika memilih obat kutu alami selalu merupakan pilihan terbaik, jadi pilihlah sampo hewan peliharaan organik tanpa bahan kimia tambahan. Setelah anjing Anda disabuni secukupnya, biarkan sampo meresap hanya beberapa menit agar shampo bekerja dengan baik. Ini adalah cara yang bagus untuk membunuh kutu pada anjing Anda.

3. Dip Rosemary

Jika anjing Anda menikmati bermain di air, campuran Rosemary ini akan tampak seperti permainan yang menyenangkan daripada obat kutu. Rendam daun rosemary segar dalam air mendidih, kemudian saring campuran dan lepaskan dengan baik dalam air hangat. Ketika air mencapai suhu yang nyaman, tuangkan campuran di atas anjing Anda dan biarkan kering secara alami.

4. Minyak Neem Multifungsi

Minyak Neem berfungsi menolak serangga secara alami dan salah satu perawatan kutu yang kurang dikenal. Jika Anda dapat memperoleh minyak ini yang aslinya dari Burma, Sri Lanka, dan sebagian India, Anda dapat menerapkannya langsung ke kulit anjing Anda, menambahkannya ke sampo anjing alami Anda, atau mencairkannya dengan baik untuk membuat semprotan kutu Anda sendiri .

5. Sabun Organik

Dengan menukar sampo anjing Anda dengan sabun organik seperti sabun peppermint organik atau sabun Rose organik, Anda dapat mencuci anjing Anda seperti biasa dan mendapatkan anjing yang bebas kutu dan berbau harum di ujungnya.

6. Semprot Aromaterapi

Jika Anda terbiasa dengan aromaterapi, Anda dapat membuat semprotan aromaterapi yang tidak hanya akan mengobati kutu tetapi juga mencegahnya datang kembali, sementara bertindak sebagai penenang alami untuk anjing Anda. Cobalah minyak almond manis sebagai minyak dasar, dan tambahkan tetes minyak Atlas cedar, minyak lemon eucalyptus, minyak geranium, minyak salam laurel, minyak mur umum, dan minyak lavender.

7. Rub Minyak Kelapa

Adakah yang tidak bisa dilakukan minyak kelapa? Minyak kelapa dapat membantu banyak hal saat merawat kutu. Mengoleskan satu sendok teh minyak kelapa langsung ke kulit anjing Anda tidak hanya akan mengusir kutu tetapi akan membuat kulit dan bulu anjing mengkilap serta dapat mengurangi bau badan. Jika ditambahkan ke makanan normal anjing Anda, minyak kelapa bahkan dapat membantu mengobati parasit usus karena sifatnya anti bakteri, antijamur, dan antivirus.

8. Minum Cuka atau Apple Cider Vinegar (Apel Cuka)

Untuk memerangi dan mencegah kutu dari dalam ke luar, cobalah menambahkan cuka biasa atau cuka sari apel dalam air minum anjing Anda. Anda harus mengujinya terlebih dahulu untuk memastikan mereka menikmati rasanya. Satu sendok teh cuka untuk setiap empat gelas air minum adalah rasio yang baik untuk membuat campuran ini. Anda tidak hanya akan menahan kutu, tetapi bulu dan kulit anjing Anda juga akan mendapatkan manfaat lain.

Terakhir……

Bawang Putih

bawang putih untuk membasmi kutu anjing

Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, salah satu bumbu dapur ini juga memiliki kemampuan untuk membasmi kutu-kutu pada anjing.

Setidaknya, ada dua cara untuk menghilangkan atau membasmi kutu anjing

dengan menggunakan bawah putih. Pertama, dengan membuat semprotan ekstrak bawang putih. Kedua, memberi makan anjing dengan bawang putih mentah. Berikut cara lengkapnya!

Baca juga: Cara Menghilangkan Demodex pada Anjing

Itu dia beberapa cara membasmi kutu anjing dengan bahan alami. Hal ini dilakukan agar hewan peliharaan Anda terhindar dari bahan kimia yang berbahaya. Jika butuh pest control profesional untuk membasmi kutu anjing silakan hubungi ecoforpest melalui form online.