Fakta dan Tips Mudah Cara Membasmi Kutu Bangsat

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui salah satunya adalah cara membasmi kutu bangsat. Kutu jenis satu ini sangat mengganggu kehidupan manusia karena suka menggigit manusia. Selain itu, hewan ini juga banyak menempel di tempat-tempat yang tidak terduga lho. Misalnya kasur, tas maupun pakaian. Sebenarnya apa sih kutu bangsat? Mengapa sangat menyebalkan? Simak artikel sampai selesai ya.

Apa itu Kutu Bangsat?

Kutu bangsat memiliki nama lain kutu busuk, kepinding, tinggi atau tumila. Kutu bangsat merupakan hama rumah yang berbeda dari kecoa, rayap, tikus atau lainnya. Perbedaannya terletak pada parasit yang ditempelinya. Tahukah Anda bahwa kutu bangsat suka menempel pada tubuh manusia dan menghisap darah?

Nah, betul sekali kutu bangsat memang menyukai tubuh manusia sebagai tempat hidupnya. Kutu ini juga mudah sekali berpindah dari satu manusia ke manusia yang lain. Media perpindahannya pun bermacam-macam. Bisa saja kutu ini awalnya berasal dari kasur tempat tidur, kemudian berpindah ke tas atau pakaian dan akhirnya ke tubuh manusia yang membawa tas.

Kehadiran kutu bangsat tentu sangat mengganggu manusia. Kutu ini akan menghisap darah manusia dan menimbulkan efek gatal seperti alergi. Biasanya alergi akan ditandai dengan adanya bilur kemerahan pada beberapa bagian tubuh yang digigit. Adanya bilur kemerahan tentu akan terasa sangat gatal dan tidak menyenangkan. Itulah mengapa Anda perlu mencegah kutu bangsat datang ke rumah.

Cara Membasmi Kutu Bangsat

Apabila Anda sudah terlanjur membawa kutu bangsat ke rumah, maka yang harus Anda lakukan adalah membasminya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kegiatan mencegah merupakan salah satu hal yang lebih penting daripada mengobati bukan? Simak tips berikut yuk.

1.     Cucilah Pakaian dan Perabot Kain dengan Air Panas

Kutu bangsat berbeda dengan hama rumah lainnya. Mereka lebih menyukai tempat yang bersih. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda memperhatikan cara mencuci pakaian dan perabot kain lainnya. Bisa jadi mencucinya teratur malah akan disukai kutu bangsat dan jika tidak mencucinya akan mendatangkan hama yang lain.

Lalu bagaimana solusinya? Nah, cara membasmi kutu bangsat adalah dengan mencuci  pakaian dan perabot kain menggunakan air panas. Setelah itu keringkan pula pada suhu panas. Pada beberapa perabot yang tidak bisa dicuci seperti kasur, Anda bisa mengeringkannya pada suhu panas selama 30 menit.

2.     Gunakan Alat Penghisap Debu saat Membersihkan Rumah

Rajin bersih-bersih akan mencegah datangnya hama seperti kecoa bukan? Betul sekali. Di sisi lain, kebersihan rumah Anda juga perlu diperhatikan dari kedatangan kutu bangsat. Hama jenis ini memang lebih susah dalam membasminya, karena sangat kecil sehingga tidak terlihat keberadaannya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan beberapa bagian rumah yang sulit dijangkau dengan alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Hal itu akan membuat si kutu bangsat turut masuk ke dalamnya bersama debu.

3.     Semprot Kutu Kasur dengan Cuka

Apabila cara di atas masih belum memberikan efek reaksi yang baik, maka Anda bisa mencoba menggunakan cuka. Bahan ini merupakan bahan yang memiliki banyak kegunaan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memindahkan cuka (tidak perlu dicampur air) pada botol semprot. Setelah itu semprotkan pada tempat yang diperkirakan dihinggapi oleh kutu bangsat.

4.     Usahakan Tidak Terdapat Retakan Tembok

Pernahkah Anda berpikir bahwa retakan pada tembok atau lantai akan mendatangkan hama rumah? Ya, memang betul sekali. Adanya retakan akan mendatangkan hama seperti semut ataupun rayap. Di sisi lain, retakan bisa juga digunakan sebagai tempat persembunyian kutu bangsat lho. Nah, agar hal ini tidak terjadi, segeralah tutup retakan pada tembok Anda.

Bagaimana? Sudah mengetahui fakta tentang kutu bangsat bukan? Agar Anda tidak harus terkena gatal yang tidak menyenangkan, cara terbaik adalah mencegah kedatangannya. Jika sudah membaca artikel sampai selesai, maka sekarang juga sudah mengetahui cara membasmi kutu bangsat. Selamat mempraktekkan.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Kasur dengan Bahan Alami

1 komentar untuk “Fakta dan Tips Mudah Cara Membasmi Kutu Bangsat”

  1. Ping-kembali: Mengenal Kutu Busuk, Cara Penyebaran Sampai Bahayanya Bagi Manusia | Ecoforpest Exterminator

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *