Di dunia ini ada banyak sekali spesies lebah yang dapat kamu temukan, salah satunya tentu saja ada lebah kayu. Lebah jenis ini cukup meresahkan, karena keberadaannya dapat merusak perabotan atau barang-barang yang terbuat dari kayu. Oleh karena itulah banyak orang yang mencari cara mengusir lebah kayu secara alami agar hewan tersebut tak lagi mengganggu.

Pada kesempatan kali ini juga akan dibahas sedikit mengenai cara mengusir jenis lebah yang satu ini. Namun, sebelum sampai pada pembahasan tersebut alangkah baiknya jika kamu menyimak penjelasan singkat mengenai identifikasi lebah kayu beserta tanda serangannya. Supaya kamu bisa memahami dan mengetahui banyak hal tentang lebah kayu ini.

Identifikasi Lebah Kayu

Meski jika dilihat dari kejauhan jenis lebah mempunyai kesamaan, tapi ada ciri khusus yang dimiliki masing-masing lebah tersebut. Misalnya saja pada lebah kayu, ciri fisiknya berukuran kurang lebih 12,5 mm sampai ada juga yang 22 mm. Ada bulu halus yang menutupi daerah di sekitaran kepala, dengan perut yang memiliki warna gelap juga berkilauan.

Antara betina dan juga pejantan ada perbedaan ciri, di mana pejantan mempunyai titik putih di atas kepalanya sedangkan untuk yang betina tidak memiliki hal tersebut. Lebah ini hidup secara mandiri dan lebih suka meletakkan larva mereka di batang pohon atau di dalam kayu agar mereka bisa mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Tanda Serangan dari Lebah Kayu

Karena hidup di kayu, maka kamu yang mempunyai perabotan berbahan tersebut harus sering-sering melakukan pengecekan. Lebah kayu yang betina faktanya mempunyai kemampuan yang cukup handal dalam hal menggali lubang dan membuat sarang di dalam permukaan kayu. Biasanya sarang ini pun letaknya tak terlalu menonjol di mana sering kali ada pada bagian bawah permukaan seperti meja, jendela atau kursi.

Lubang yang dibuat oleh lebah kayu ini diameternya kurang lebih sekitar ½ inchi hingga 3/8 inchi. Tanda serangan dari lebah satu ini dapat kamu kenali dengan sangat gampang, terlihat dari serbuk kayu yang berjatuhan di bawah sarang yang dibuat oleh serangga tersebut.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Serangga Perusak Kayu selain Rayap

Cara Mengusir Lebah Kayu Secara Alami

Agar tak semakin merajalela, tentu kamu ingin melakukan pengusiran terhadap hewan satu ini, bukan? Ada banyak cara yang dapat ditempuh, salah satunya dengan cara alami yang gampang dan cepat. Adapun cara alami tersebut akan dijelaskan di bawah ini beserta bahan apa saja yang dibutuhkan.

1. Menggunakan Jeruk

Kenapa harus jeruk? Karena memang buah seperti jeruk, jeruk nipis, hingga lemon mempunyai aroma yang sama sekali tidak disukai sebagian besar spesies serangga. Membuat ramuan dari jeruk juga sangat mudah, karena kamu hanya perlu memerasnya saja dan memasukkannya ke botol semprot. Nantinya semprotkan jeruk yang sudah diperas tersebut ke seluruh ruangan, yang akan membuat aromanya terasa dan tidak ada serangga yang masuk ke dalam.

2. Menggunakan Essentials Oil

Essentials oil atau minyak esensial juga salah satu cara alami untuk mengusir lebah kayu. Namun, tak semua minyak esensial ampuh mengusir jenis lebah tersebut, hanya ada beberapa di antaranya yang mampu. Seperti misalnya jojoba, tea tree, lavender, citronella dan sebagainya. Dalam cara pembuatannya pun sangat mudah dan tak membutuhkan banyak bahan.

Kamu hanya perlu mencampurkan minyak esensial tersebut ke dalam botol semprot. Lantas semprotkan campuran minyak di atas ke sarang lebah kayu yang kamu temukan, nantinya lihat apakah lebah tersebut akan langsung keluar menjauhi sarangnya atau tidak.

3. Menggunakan Cuka dan Bawang Putih

Cara mudah berikutnya tentu saja dengan menggunakan bawang putih dan juga cuka, di mana bahan tersebut sangat mudah ditemukan di pasaran. Adapun cara pembuatannya yang pertama adalah memasukkan bawang putih dalam wadah botol bersama dengan minyak goreng dan diamkan kurang lebih beberapa hari saja.

Kemudian setelahnya silakan untuk menambahkan cuka pada botol semprot tersebut. Nah, barulah kamu bisa menyemprotkan ramuan pada sarang lebah yang kamu temui dan tunggu hasilnya apakah bagus atau tidak.

4. Menggunakan Pengawet Kayu Alias Asam Borat

Berikutnya cara alami yang kemungkinan dapat kamu lakukan di rumah adalah menggunakan bahan seperti asam borat atau bisa juga dengan mempernis perabotan kayu. Langkah ini perlu dijadikan sebagai pertimbangan mengingat banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Kayu yang dipernis umumnya akan mampu menghindarkan serangan dari lebah kayu atau bahkan rayap yang juga sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, manfaat lainnya dari melakukan pernis perabotan maka kamu usia dari perabot tersebut akan semakin lama dan terlihat lebih bagus dari semula.

5. Menggunakan Alkohol dan Minyak Esensial

Alkohol juga bisa jadi salah satu cara ampuh untuk mengusir lebah kayu, adapun caranya dengan mencampurkan alkohol 99%, 2 sendok teh cuka apel, 5-6 tetes tea tree oil dan juga minyak lavender. Kemudian taruh campuran bahan yang sudah dibuat tadi dan semprot pada sarang lebah kayu yang kamu temukan. Cara yang satu ini terbilang cukup ampuh dan bahannya juga tak sulit diperoleh.

Itulah sekian informasi tentang lebah kayu mulai dari identifikasinya, tanda serangan hingga cara mengusir lebah kayu secara alami yang dapat kamu coba. Jangan main-main dengan lebah dan kamu harus hati-hati saat akan melakukan pengusiran. Karena meskipun tidak seagresif tawon, tetap saja apabila disengat akan terasa sangat sakit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu.