Selain melakukan social distancing selama pandemi covid-19, kita juga diwajibkan untuk menjaga kebersihan dengan melakukan berbagai langkah pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan menyemprotkan disinfektan agar terbebas dari virus dan bakteri berbahaya. Berikut Cara Membuat Disinfektan Sendiri Dari Bayclin dan Wipol

Apa yang dimaksud dengan disinfektan?

Disinfektan adalah cairan pembersih yang digunakan untuk membunuh virus, bakteri, kuman, hingga mikroorganisme berbahaya lainnya yang bersarang pada ruangan atau permukaan benda.

Karena sebagian besar penularan penyakit datang dari sentuhan, disinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan benda-benda yang banyak disentuh oleh publik, seperti gagang pintu, meja, kursi, hingga wastafel.

Walau telah banyak dijual di pasaran, Anda sendiri dapat membuat disinfektan murah meriah dengan memanfaatkan dua bahan produk rumah tangga, yaitu bahan pembersih lantai (Wipol) dan cairan pemutih pakaian (Bayclin).

Bagi Anda yang ingin membuat disinfektan sendiri di rumah, berikut cara pembuatannya khusus untuk Anda.

Membuat disinfektan sendiri dengan Wipol

Walaupun memiliki bahan aktif yang lebih sedikit daripada pemutih baju, brand pembersih lantai ini cukup efektif untuk mematikan kuman, virus, dan bakteri berbahaya yang menempel pada permukaan keras.

Adapun cara bikin disinfektan sendiri dari Wipol adalah sebagai berikut,

  1. Siapkan bahan pembersihan lantai Wipol dan air.
  2. Masukan takaran 10 tutup botol Wipol ke dalam botol semprot.
  3. Setelah itu, tuang air ke dalam botol semprot sebanyak 1 liter air.
  4. Disinfektan Wipol siap untuk digunakan.

Selain di semprotkan, Anda juga dapat merendam benda-benda tertentu ke dalam disinfektan Wipol selama 30 menit untuk mematikan virus dan kuman berbahaya.

Membuat disinfektan sendiri dengan Bayclin

Cara membuat disinfektan sendiri rekomendasi WHO adalah terdapat unsur sodium hipoklorit yang bisa Anda temukan dalam produk pemutih, seperti pada Bayclin.

Bahan aktif yang terkandung dalam produk pemutih Bayclin ini sangat tinggi, sehingga kita harus menurunkan konsentrasinya sebisa mungkin.

Adapun cara membuat disinfektan sendiri dari Bayclin adalah sebagai berikut,

  1. Siapkan Bayclin dan air
  2. Masukan 30ml Bayclin atau 2 sendok makan cairan pemutih ke dalam botol semprot.
  3. Kemudian masukan air bersih sebanyak 1 liter ke dalam botol semprot.
  4. Disinfektan Bayclin siap untuk digunakan.

Sebelum Anda membuat disinfektan dengan bahan pemutih, ada baiknya untuk membuka seluruh ventilasi udara dalam ruangan Anda, mengingat cairan pemutih dengan konsentrasi tinggi dapat mengeluarkan uap beracun.

Sama halnya dengan disinfektan Wipol, disinfektan Bayclin juga dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan permukaan benda keras atau perabotan rumah Anda.

Penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan disinfektan ke permukaan benda dan diamkan selama 5 menit. Kemudian lap menggunakan kain bersih dan biarkan mengering dengan udara.

Sebagian orang mungkin akan bereaksi saat cairan pemutih terkena kulit. Maka dari itu, sebaiknya gunakan pelindung diri seperti masker dan sarung tangan saat proses pembuatan dan pengaplikasiannya.

Karena termasuk bahan beracun dan sangat berbahaya, jauhkan produk disinfektan ini dari jangkauan anak-anak. 

Baca juga:

Simpan! Ini 20 Daftar Produk Rumah Tangga Yang Bisa Digunakan Sebagai Disinfektan Covid-19

Cara Membuat Disinfektan Sendiri dari Bahan Alami dan Aman

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dari Bahan Alami

Apa yang perlu diperhatikan?

Dikutip dari situs Alodokter, dalam membuat disinfektan rumah, sebaiknya Anda juga memperhatikan beberapa hal berikut agar disinfektan dapat bekerja secara maksimal, yaitu

  1. Produk sesuai dengan takaran.
  2. Tidak melewati kadaluarsa.
  3. Jangan dicampur dengan amonia atau pembersih lain.

Rajinlah untuk menyemprotkan disinfektan ke perabotan rumah Anda, seperti gagang pintu, meja, kursi, dan perabotan lain yang sering disentuh oleh anggota keluarga, agar terbebas dari berbagai macam penyakit berbahaya.