Kutu merupakan hewan yang sangat mengganggu, maka Anda perlu mencari cara menghilangkan kutu anjing dan kucing. Hal ini bertujuan agar hewan peliharaan menjadi nyaman dan aman bersama Anda dan keluarga. Terlebih jika terdapat anak kecil di rumah, maka kesehatan hewan peliharaan menjadi sangat penting.

Agar kesehatan hewan peliharaan, Anda tentu perlu melakukan beberapa hal termasuk berkaitan dengan kutu yang bersarang di bulu indahnya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kutu yang ada pada hewan peliharaan terutama kucing dan anjing menghilang adalah sebagai berikut.

Baca juga: Mengenal Jenis Kutu pada Anjing & Cara Membasminya

1. Melepaskan Kutu dengan Pinset

Kutu merupakan hewan yang sangat kecil, suka bersarang di bulu terutama yang sangat tebal. Meskipun kecil, kutu tentu sangat mengganggu hewan peliharaan Anda karena suka memakan darah dan menggigit kulit kucing atau pun anjing kesayangan. Hal itu kemudian membuat kucing dan anjing Anda suka menggaruk atau menggigit bulu dan kulitnya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu Anjing dan kucing adalah dengan mengambilnya menggunakan pinset. Langkah ini cukup rumit, terlebih mengingat kutu hewan sangat kecil. Lakukan cara ini dengan menjepit bagian kepalanya kemudian tarik ke atas. Setelah itu, semprotlah kutu dengan obat pembasmi serangga.

2. Menggunakan Shampoo atau Spray

Apabila cara menghilangkan kutu anjing dan kucing menggunakan pinset tidak memungkinkan, maka membersihkan bulunya adalah pilihan selanjutnya. Anda bisa memandikan kucing atau anjing peliharaan secara teratur. Tentu saja menggunakan shampoo yang sesuai dengan bulunya.

Selain menggunakan shampoo, Anda juga bisa membersihkan kutu Anjing atau Kucing menggunakan spray yang disemprotkan pada bulu. Baik menggunakan shampoo atau pun spray bisa Anda lakukan dalam rentang waktu 7-14 hari. Setelah itu, Anda juga harus melakukannya secara rutin sampai kutu benar-benar hilang.

Cara ini cukup efektif untuk mencegah datangnya kembali kutu pada hewan peliharaan Anda. Hal itu dikarenakan kutu tidak menyukai tempat yang bersih tentunya. Maka, mandikan dan bersihkan secara teratur kucing dan anjing kesayangan Anda.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Anjing secara Alami

3. Melakukan Konsultasi dengan Dokter Hewan

Melakukan konsultasi dengan dokter hewan adalah cara yang lebih efektif untuk menghilangkan kutu pada anjing atau kucing Anda. Hal itu disebabkan dokter hewan memiliki keahlian khusus dalam mengetahui produk apa yang paling cocok untuk hewan peliharaan Anda.

Konsultasi yang rutin akan menciptakan kesehatan hewan peliharaan lebih terjaga. Dokter hewan akan memberikan saran terbaik kepada Anda termasuk masalah kutu yang tidak kunjung menghilang. Bisa jadi saran tersebut berbentuk produk ataupun perawatan yang dipantau langsung oleh dokter tersebut.

4. Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Bagian yang sangat penting untuk diperhatikan adalah lingkungan tempat tinggal kucing atau anjing. Apabila hewan peliharaan Anda memiliki kandang sendiri, maka jagalah agar kandangnya tetap bersih dan terhindar dari kelembaban. Meletakkannya pada pencahayaan yang tepat juga penting meskipun kandangnya terbilang memiliki ruang yang terbuka.

Di sisi lain, apabila hewan peliharaan tidak memiliki kandang khusus, maka yang perlu Anda perhatikan adalah lingkungan rumah Anda. Menjaga lingkungan rumah tetap bersih adalah hal yang penting untuk kesehatan anggota keluarga. Termasuk di dalamnya adalah untuk kesehatan hewan peliharaan Anda. Situasi rumah yang lembab tentu akan mengundang kutu hinggap pada anjing dan kucing Anda.

Cobalah lakukan pembersihan rumah menggunakan vakum pada sela-sela furniture Anda. Pastikan juga bahwa Anda sudah sangat rutin mencuci alas yang digunakan tidur hewan peliharaan Anda. Hal ini mungkin tidak berarti banyak bagi kutu yang sudah hinggap, namun bisa mencegahnya datang atau bahkan bertambah lagi.

5. Melakukan Pemeriksaan pada Bulu Secara Rutin

Kucing atau anjing kesayangan Anda mungkin sering bermain di luar rumah. Saat di luar rumah, Anda akan kesulitan mengatur dengan siapa saja hewan tersebut akan bermain. Ingatlah bahwa kutu akan sangat mudah berpindah dari satu tubuh hewan ke tubuh hewan lainnya. Mengerikan bukan?

Nah, agar kesehatannya terjaga, maka lakukan pemeriksaan rutin  pada bulunya setelah keluar rumah. Hal itu akan menjaga hewan peliharaan Anda dari dihinggapi kutu atau kalaupun dihinggapi kutu, Anda akan bisa membersihkannya saat jumlahnya masih sedikit.

6. Gunakan Bahan Alami

Langkah terakhir yang bisa Anda pilih adalah dengan membuat semprotan dari bahan alami untuk mengusir kutu pada hewan peliharaan. Semprotan ini tentu Anda buat sendiri dengan mencampurkannya dengan air kemudian memindahkannya pada botol semprot. Semprotkan bahan tersebut secara teratur pada bulu anjing atau kucing.

Baca juga: 7 Cara Membasmi Kutu Kucing Secara Alami

Bahan alami yang bisa Anda manfaatkan dengan hanya melarutkannya pada air misalnya lemon, cuka apel, dan lavender. Bahan-bahan tersebut tentu sangat mudah Anda peroleh di sekitar Anda dan tidak berbahaya bagi bulu hewan peliharaan. Nah, sudah mengetahui berbagai macam cara membasmi kutu anjing dan kucing bukan? Tetaplah jaga kesehatan hewan kesayangan dengan merawatnya secara teratur. Kutu yang bersarang tentu akan menciptakan ketidaknyamanan. Lakukan cara menghilangkan kutu anjing dan kucing sehingga membuatnya tetap nyaman dan menggemaskan.