Cara Membuat Pestisida Alami dengan Mudah dan Sederhana

Sebagai pecinta tanaman, Anda perlu mengetahui cara membuat pestisida alami untuk menumpas hama tanaman rumah. Penggunaan pestisida buatan tentu tidak begitu baik untuk kesehatan keluarga bukan? Sedangkan hama tanaman sangat sulit dicegah sehingga menyebabkan kerusakan yang serius. Bisa-bisa Anda tidak bisa memanennya.

Agar tidak terjadi gagal panen pada kebun tanaman rumah Anda dan tetap aman menggunakan pestisida. Alangkah baik simak artikel tips berikut sampai selesai ya.

Pentingnya Pestisida Alami

Kebun tanaman rumah merupakan bagian yang sangat penting bagi sebagian rumah tangga. Tanaman tersebut tentu melalui pengawasan yang ketat dari berbagai macam bahan yang dianggap berbahaya seperti pestisida buatan. Anda akan cenderung membersihkan berbagai hama dengan cara sederhana. Namun, apakah itu cukup?

Kebun tanaman rumah Anda bisa saja sangat luas sehingga hama yang menyerang juga dapat dikatakan banyak. Mengusir banyaknya hama tentu tidak mungkin dilakukan secara manual kan? Nah, itulah pentingnya mengetahui pestisida alami.

Adapun yang dimaksud pestisida alami adalah pestisida pengusir hama tanaman yang dibuat dari bahan organik, misalnya tanaman bawang, cabai, dan lainnya. Pestisida jenis ini bisa dibuat dengan mudah dan sederhana oleh setiap rumah tangga. Fungsinya sama seperti pestisida buatan pabrik, yakni mengusir hama tanaman.

Cara Membuat Pestisida Alami

Membuat pestisida alami merupakan cara yang sangat sederhana untuk memperoleh makanan sehat. Tanaman rumah yang segar akan aman dari hama dengan adanya pestisida alami. Yuk simak bahan dan cara membuatnya.

1.     Gunakan Bawang Putih dan Cabai

Bawang putih memang memiliki fungsi dan manfaat yang beragam. Salah satunya dapat digunakan untuk membuat pestisida. Tentu pestisida yang dibuat dari bawang putih adalah aman dipakai sehingga Anda tidak perlu khawatir. Tanaman yang diberikan pestisida dari bahan bawang putih sangat aman dimakan untuk keluarga.

Cara membuat pestisida alami untuk tanaman rumah menggunakan bawang putih adalah dengan mencampurkannya bersama cabai. Pertama, haluskan segenggam cabai dan tiga siung bawang putih. Setelah itu masukkan campuran bawang putih dan cabai dengan setengah liter air panas. Anda bisa juga merebusnya.

Apabila sudah tercampur rata, masukkan pada wadah dan letakkan di tempat terang. Biarkan selama kurang lebih 24 jam. Jika sudah mencukupi waktunya, saringlah campuran larutan tersebut pada botol semprot. Terakhir, semprotkan pada tanaman rumah Anda yang diserang hama.

2.     Larutan Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki aroma yang sangat harum, namun ternyata ada beberapa serangga dan hama yang tidak menyukai aromanya. Nah, untuk itu kulit jeruk juga termasuk ke dalam bahan pembuatan pestisida alami. Bagaimana cara membuatnya? Yuk simak setelah ini.

Pertama, ambillah beberapa kulit jeruk kemudian letakkan pada wadah. Setelah itu tuangkan 2 cangkir air mendidih. Diamkan selama kurang lebih 24 jam untuk menunggu kulit jeruk tercampur rata dengan air. Apabila sudah cukup, lakukan  penyaringan air pada botol semprot. Gunakan untuk membasmi hama tanaman rumah Anda.

3.     Daun Pepaya

Daun pepaya yang sering Anda jadikan makanan ternyata memiliki manfaat untuk mengusir hama tanaman. Bahan alami ini memiliki kandungan zat papain untuk mengusir ulat bulu, rayap ataupun hama pengisap. Kira-kira bagaimana cara membuat pestisida alami dari daun pepaya?

Pertama potonglah daun pepaya sampai halus. Usahakan daun yang digunakan masih segar. Setelah itu rendamlah dalam satu liter air yang telah dicampur dua sendok makan minyak tanah. Agar campuran tersebut meresap, diamkan kurang lebih semalaman. Jika sudah cukup, saringlah larutan tersebut dan gunakan sebagai pengusir hama tanaman rumah Anda.

Nah, sudah memahami apa itu pestisida alami? Sangat penting bukan membuat pestisida sendiri untuk mengusir hama tanaman rumah? Tujuannya tentu memperoleh tanaman dengan hasil maksimal dan tetap aman dari bahan kimia. Yuk terapkan cara membuat pestisida alami di rumah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *