Bau yang tidak disukai tikus – tikus memasuki rumah adalah masalah yang mungkin Anda temui. Hewan pengerat ini berukuran kecil dan memiliki tubuh yang sangat fleksibel, sehingga dapat masuk melalui celah-celah yang sempit.

Sebagai mamalia berdarah panas, tikus masuk ke dalam rumah untuk mencari tempat berteduh dan makan.

Menurut publikasi Colorado State University, gigi seri tikus sangat besar dan tidak berakar dan terus tumbuh. Hal ini membuat mereka harus menggigit berbagai bahan untuk mengasah giginya.

Perilaku ini akan berdampak pada rumah, terutama pintu dan jendela yang berperan sebagai penghalang.

Benda dengan Bau yang tidak Disukai Tikus

1. Kulit Buah Durian

Selain dagingnya yang enak, durian ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus di rumah. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kulit durian.

Potong kulit durian dan letakkan di sudut yang sering didatangi tikus.

Bau ampas durian yang menyengat pasti bisa mengusir tikus yang datang dan pergi. Ditambah dengan kulitnya yang tajam, dijamin tikus bisa ketakutan.

2. Campur Cabai Rawit dengan Deterjen

Anda bisa menggunakan saus atau bubuk cabai dan mencampurnya dengan deterjen yang dilarutkan dalam air. Masukkan cairan ini ke dalam botol semprot. Saat tikus muncul, Anda bisa menyemprotkannya ke tikus.

Mengapa cara ini bisa digunakan untuk mengusir tikus? Jelas, saat disemprot dengan cairan ini, ia akan terasa sangat panas.

3. Daun Mint

Benda yang tidak disukai Tikus selanjutnya adalah dengan menggunakan daun mint.

Tikus tidak tahan dengan bau daun mint yang sangat menyengat. Karena itu, ketika mereka menciumnya, tikus akan mabuk dan menjadi lemah.

Siapkan daun mint, larutkan ke dalam air, lalu ambil sarinya. Setelah itu, semprotkan cairan ini di tempat-tempat yang sering didatangi tikus.

Baca juga: Jangan Lakukan 8 Kesalahan dalam Membuat Perangkap Tikus Ini!

4. Bawang

Bawang memiliki bau yang menyengat dan dianggap menjijikkan oleh tikus. Oleh karena itu, bawang bombay juga merupakan cara yang efektif untuk mengusir tikus di rumah.

Anda hanya perlu mengiris bawang bombay dan meletakkannya di tempat yang disukai tikus. Misalnya, letakkan bawang di depan lubang tikus atau di tempat yang rapuh di mana tikus akan membuat sarang.

5. Lada

Selain efektif membuat hidung orang gatal, bau merica juga efektif mengusir tikus. Anda hanya perlu menaburkan merica di sekitar lubang tikus dan lihat hasilnya.

Tidak ada perbedaan antara lada hitam dan lada putih, jadi Anda bisa mencoba keduanya, ya.

6. Kulit Telur

Setelah selesai dan meninggalkan kulit telur yang tidak terpakai, jangan dibuang, oke? Cangkang telur ini bisa digunakan untuk membasmi tikus di dalam rumah.

Untuk melakukan ini, Anda bisa meratakan kulit telur, lalu menaburkan di tempat-tempat yang sering dilewati tikus.

7. Kapur Barus

Benda ini dikenal manfaatnya untuk berbagai hal, termasuk saat ingin mengusir tikus di rumah. Anda, percayalah bahwa bau dan aroma benda ini bisa efektif mengusir tikus!

Letakkan kapur barus di tempat-tempat yang sering dijadikan sarang tikus atau mudah disilangkan. Jangan lupa, Anda juga harus memakai sarung tangan untuk menghindari reaksi alergi.

Selain itu, Anda juga perlu menjauhkan benda ini dari jangkauan anak-anak. Karena sangat berbahaya jika tidak sengaja masuk ke dalam mulut anak.

Terakhir, harus cuci tangan setelah memegang kapur barus.

8. Sisa Rambut

Kelihatannya konyol, tapi cara menghilangkan tikus ini adalah sesuatu yang bisa dicoba. Jika Anda masih memiliki rambut yang tersisa setelah Anda memotong rambut Anda, atau jika rambut Anda rontok saat Anda menyisir rambut Anda, cobalah untuk mengumpulkannya.

Setelah cukup, gabungkan dan letakkan di tempat tikus lewat.

Tikus tertarik dengan rambut manusia yang bertebaran dan mencoba memakannya. Menurut laporan, ketika tikus menelan rambut ini, mereka akan mati secara berlahan.

9. Daun Salam

Bau yang tidak disukai tikus tidak jauh dari cara tradisional. Saat tikus makan daun salam, mereka bisa teracun dengan daun salam. Hal ini karena daun salam dipercaya dapat mengusir tikus dengan efektif.

Letakkan beberapa lembar daun salam di sudut ruangan atau tempat tikus membangun sarangnya.

Ulangi berkali-kali sampai tikus tidak ada lagi di rumah.

10. Bedak Bayi

Pernahkah Anda mendengar bahwa bedak bayi dapat digunakan untuk mengusir tikus? Jika belum, coba lakukan. Serbuk halus dalam bedak tersebut diduga mengganggu fungsi tubuh tikus saat memakannya.

Taburkan bedak ini di dapur atau area rawan tikus. Biarkan semalaman sampai tikus terpancing untuk memakannya. Ulangi cara ini hingga tikus tidak lagi kembali.

11.Gunakan Aroma Mint dan Cengkeh

Benda yang tidak disukai tikus adalah dengan menggunakan rasa alami seperti mint dan cengkeh.

Anda dapat memberikan wewangian dari bahan alami langsung atau minyak esensial yang memiliki wewangian. Taruh di tempat persembunyian atau permukaan tutup tempat sampah. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam pembersih lantai.

12. Gunakan Shews Repellent

Shews Repellent memiliki bau yang mirip dengan urin dan umumnya digunakan sebagai pengusir serangga untuk herpes zoster. Ini karena hewan pemangsa biasanya menggunakan bau urin untuk menandai daerah mereka.

Dengan demikian, tikus tidak akan berani datang ke rumah Anda. Biasanya bahan ini bisa dibeli di toko pertanian.

13. Soda Kue

Siapkan makanan untuk umpan dan campur atau taburi dengan baking soda. Karena gas yang dihasilkan baking soda tidak bisa dikeluarkan, tubuh tikus yang memakan umpan tersebut akan membengkak. Tikus akan lari ke tempat terbuka untuk mati karena tidak bisa menahan gas.

14. Sage

Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman. Sage memiliki bau menyengat yang tidak disukai tikus.

Menanam di sekitar rumah dapat mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Karena aroma yang kuat dari kedua varietas, sage putih atau hijau dapat ditanam untuk mengusir tikus.

Tanaman sage bukanlah tanaman yang pilih-pilih, selama dikeringkan dengan baik, ia dapat tumbuh dengan baik di semua jenis tanah dan harus mendapat sinar matahari hampir sepanjang hari. Daun sage juga dapat dimakan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Demikianlah daftar benda dan bau yang tidak disukai tikus. Jika butuh jasa pembasmi tikus, anda dapat menghubungi kami melalui kontak. Semoga bermanfaat.